Komunitas Sobat Diabet Ajak Generasi Muda Peduli Diabetes Melalui Acara Diabetter 2023

Komunitas Sobat Diabet Ajak Generasi Muda Peduli Diabetes Melalui Acara Diabetter 2023

27
Ketua pelaksana acara “Diabetter: Better Life With Less Sugar, ” Graciella Irawan, mahasiswi LSPR menyampaikan kata sambutan.

Jakarta, Detikglobalnews.com – Kesehatan merupakan aset berharga yang harus dijaga dengan baik. Salah satu tantangan besar dalam era modern ini adalah meningkatnya jumlah kasus
diabetes di seluruh dunia. Akibat pandemi yang terjadi tiga tahun lalu, membawa perubahan pada gaya hidup anak muda menjadi lebih sering mengkonsumsi makanan ringan dan minuman yang mengandung gula tinggi. Oleh karena itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat dan mencegah diabetes melalui edukasi yang tepat.

 

Berdasarkan data Kemenkes RI dan Good Stats Nasional 2023, sekitar 40% masyarakat Indonesia biasa menyantap makanan manis dan 61% mengonsumsi
minuman manis lebih dari 1 kali per hari, hal ini menjadi salah satu akibat Indonesia masuk ke dalam 10 besar negara ASEAN dengan penyandang diabetes tertinggi di dunia. Selain itu, pada tahun 2023 penyandang diabet berumur di bawah 18 tahun melonjak sebesar 70 kali lipat dari tahun 2010.

 

Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan mencegah diabetes di kalangan anak muda, mahasiswa MKTC24-2SP LSPR bersama komunitas Sobat
Diabet menyelenggarakan kegiatan edukatif yang dikemas secara fun dan colorful bernama “Diabetter : Better Life With Less Sugar”. Acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan kewaspadaan akan bahaya diabetes serta membangun kesadaran anak muda agar terhindar dari diabetes dini. Selain itu, melalui acara ini juga menjadi wadah bagi para teman-teman penyandang diabetes untuk mendapatkan dukungan dari sesama pejuang diabetes.

 

Acara Diabetter 2023 ini terbagi menjadi 2 tahapan, yaitu Pre-event dan Main Event . Pada pre event diadakan kegiatan “3 Days Fit Challenges” dan jalan sehat bertemakan “Walkie Healthy, Road to Diabetter” . Puncak acara diselenggarakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023, dibuka dengan talkshow interaktif yang menghadirkan dokter dari komunitas Sobat Diabet yaitu dr. William Djauhari dan influencer yang memiliki ketertarikan dalam dunia olahraga yaitu Okky Alparessi.

 

Topik acara yang dibawakan pada talkshow yaitu seputar diabetes dan gaya hidup sehat, serta makanan sehat dengan kandungan gula yang rendah untuk membangun kesadaran anak muda agar terhindar dari diabetes dini. Selanjutnya, terdapat aktivitas olahraga yang sedang populer di kalangan anak muda yaitu pound fit dan body combat , cek gula darah secara gratis, serta penampilan live music sebagai pemeriah acara.

 

Graciella Irawan, mahasiswi LSPR dan merupakan ketua pelaksana acara “Diabetter: Better Life With Less Sugar” mengharapkan dengan diadakannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat serta perubahan bagi anak muda untuk memiliki pola hidup yang lebih sehat dan lebih waspada terhadap penyakit diabetes. “Kita ingin memberikan edukasi kepada anak-anak muda bahwa gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Mari lakukan perubahan untuk diri kita demi masa depan yang lebih cerah,” ujar Graciella.

 

Tentang Komunitas Sobat Diabet Komunitas Sobat Diabet adalah komunitas anak muda dengan fokus kegiatan pencegahan (preventif) diabetes dan dukungan (suportif) untuk para penyandang diabetes. Sobat Diabet merupakan komunitas yang didirikan oleh Dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD, MM, MARS, DipTH, DCD yang didasari oleh semakin meningkatnya penyandang diabetes di usia muda dan rasa inisiatif dalam membuat gerakan sehat yang berdampak untuk anak muda.

 

Terbentuk sejak tahun 2014, dengan fokus untuk melakukan pencegahan diabetes dan berfokus dengan gaya hidup sehat tetapi tetap menyenangkan. Beberapa aktivitas yang pernah dijalankan oleh Komunitas Sobat Diabet sebelumnya:

– Sobat Diabet memiliki 500 orang relawan yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Papua.

– Lebih dari 90% relawan Sobat Diabet adalah bukan penyandang diabetes, tetapi mereka dengan keluarga/kerabat diabetes atau mereka yang punya ketertarikan dalam hidup sehat.

– Komunitas Sobat Diabet aktif dalam melakukan berbagai kegiatan, baik secara daring maupun luring.

– Untuk kegiatan daring nya, Sobat Diabet kerap mengadakan webinar, seperti edukasi tentang diabetes, nutrisi, olahraga serta kesehatan mental untuk para relawan maupun penyandang diabetes dengan pembicara yang kredibel di bidangnya. Sobat Diabet telah melakukan kurang lebih sebanyak 30 webinar.

– Untuk kegiatan luring, Sobat Diabet kerap melakukan kolaborasi dengan komunitas, kampus, media, ataupun brand yang memiliki visi misi serupa. Beberapa acara yang pernah diselenggarakan oleh Sobat Diabet yaitu sepeda bersama, kelas memasak, kunjungan ke panti asuhan, edukasi ke kantor, pengecekan gula darah, dan lain -lain.

– Komunitas ini juga pernah mengadakan challenge di instagram bertagar (1) “#IsiPiringku” guna mengajak para audiens untuk menentukan porsi dari isi piring
makanan yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan nutrisi yang lainnya. (2) #SweettoSweat , untuk menyuarakan aksi berolahraga.(Rls)