Kabupaten Nias Menuju Swasembada Pangan

211

Nias,Detik Global News.com,Panen raya padi di kelompok tani “ BERSAMA” di Desa Lasara Idanoi, Kecamatan Gido, Rabu (11/05). Dalam panen perdana bersama kelompok tani tersebut, dihadiri Kasdim 0213 Nias, Asisten Sekda Kab. Nias,Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian Kab. Nias, Sekretaris Dinas Kab. Nias, Ketua Kelompok Tani, SKPD terkait serta warga Desa Lasara Idanoi.

Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH mengatakan, dengan panen perdana padi, Pemkab Nias akan terus membantu kelompok petani Bersama dalam meningkatkan produksi pertanian,sehingga misi Kabupaten Nias menuju swasembada pangan.

Lebih lanjut Wakil Bupati Nias mengatakan saat ini Kabupaten Nias akan kita dijadikan andalan Kepulauan Nias menjadi swasembada beras. Target produksi pun setiap tahun terus dinaikkan tentu saja hal ini bukanlah pekerjaan ringan mengingat berbagai kerusakan infrastruktur masih ditemukan.

“Saat ini Kabupaten Nias ditargetkan dapat memproduksi lebih banyak gabah, ini menjadi bahan kerja keras kita semua ditengah banyaknya kerusakan infrastruktur, dan iklim yang kurang baik” kata wabub di lokasi panen perdana, Rabu (11/05). Untuk bisa mencapai target ini perlu dukungan bersama, tetutama dalam membangun jaringan irigasi, dan peralatan.ujar Arosokhi Waruwu.

Dijelaskan, jaringan irigasi di Kabupaten Nias masih ada kekurangan dan perlu pengkajian lebih baik dan SKPD unit terkait dan kita harapkan Dinas terkait baik PPL dapat menyesuaikan pola tanam dengan melihat situasi (Musim)
Turut hadir pada Panen Perdana di kelompok tani “BERSMA” pihak Dandim 0213 Nias dalam hal ini Kasdim 0213 Nias Mayor ARH Keles Sinaga mengatakan Kodim 0213 Nias dan jajarannya kebawah siap mendampingi dan membantu petani dalam melaksanakan dan mengembangkan pertanian dalam rangka menjadikan Kabupaten Nias swasembada Pangan.

Dinas pertanian melaporkan bahwa pada panen perdana padi sawah varietas kartika 182 di kelompok tani “Bersama” ini telah memperoleh gabah 5,9 ton setiap 1 ha.(OZ).