Humas Bea dan Cukai Batam : “Pelabuhan Tanjung Gundap Status Bukan Kawasan Pabean”

Humas Bea dan Cukai Batam : "Pelabuhan Tanjung Gundap Status Bukan Kawasan Pabean"

0 212

Batam, detikglobalnews.com  –  Berlangsungnya aktivitas di pelabuahan Tanjung Gundap pada malam hari tentu sangat mengundang perhantian, karena pelabuhan tersebut sering dimanfaatkan oleh orang – orang tertentu sebagai fasilitas transportasi jalur laut pengangkutan berbagai jenis barang keluar – masuk antar pulau.

Berdasarkan hasil investigasi media ini beberapa waktu yang lalu di pelabuhan Tanjung Gundap adanya temuan kayu mencapai puluhan ton, Sementara pihak dari Humas Bea dan Cukai Batam melalui Bapak Rizki menjelaskan, Sudah saya teruskan ke unit pengawasan untuk  mendalami hal tersebut , sejauh ini saya belum dapat update terkait hal tersebut, ungkapnya pada hari Sabtu 06 Maret 2021.

Ketika dikonfirmasi tentang status pelabuhan Tanjung Gundap, Rizki menjelaskan bahwa Status bukan kawasan pabean, kalo gak salah posisi di barelang deket markas juga, lagian kalo kayu antar pulau setau saya gak masalah ,hanya surat angkut hasil hutan, terangnya.

“Cukup surat angkut untuk hasil hutan (selama bukan hutan lindung) biasanya dilengkapi keterangan dari desa setempat”ujarnya.

Kembali media ini mempertanyakan,  dengan masuknya jenis kayu tersebut melalui pelabuhan Tanjung Gundap apakah tidak ada kaitannya dengan kepabenan ?

Humas Bea dan Cukai Batam Bapak Rizki kembali menjelaskan, Gak tau kalo itu, yang jelas kalo kayu hanya perlu ijin angkut saja. Lagian kalo salah pasti ditangkap juga sama aparat lain , kan itu deket markas, pesan singkat dari Whatsppnya dikirim kan pada media ini.

Tentu dengan keberadaan pelabuhan Tanjung Gundap saat ini, patut menjadi pertanyaan jenis kapal apa saja yang diperbolehkan melakukan bongkar – muat dipelabuhan tersebut ? (Ms)

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.