Camat Pulau Rakyat Buka Sosialisasi Bintek dam Pembekalan Relawan SDGs

Camat Pulau Rakyat Buka Sosialisasi Bintek dam Pembekalan Relawan SDGs

0 56

Kisaran, detikglobalnews.com – Camat Pulau Rakyat, Aspihan, SH MM membuka secara resmi Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pembekalan Tim Relawan Pendata Sustainable Development Goals (SDGs), bertempat di Aula Desa Orika, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Sabtu (17/04).

Pada tahap awal ini Bintek dihadiri oleh 4 Kepala Desa, yakni Kepala Desa Orika, Rusli, Kepala Desa Pulau Rakyat Pekan, Suyadi, Kepala Desa Tunggul 45 , Edy Sunarto dan Kepala Desa Sei Piring, Sabaruddin. Bintek ini diikuti para Kepala Dusun serta Perangkat Desa yang nantinya merupakan Tim Relawan Pendata SDGs di desa masing-masing. Juga tampak hadir pendaping kecamatan dan pendamping lokal desa.

Camat Pulau Rakyat Aspihan dalam arahannya mengatakan SDGs Desa merupakan model pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa tahun 2021 adalah upaya terpadu dalam mewujudkan Desa Tanpa Kemiskinan dan Kelaparan, Desa Dengan Ekonomi Tumbuh Merata, Desa Peduli Kesehatan, Desa Peduli Lingkungan, Pendidikan, Ramah Perempuan, Berjejaring atau Paham Internet, Desa Tanggap Budaya untuk Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Oleh karena itu untuk mewujudkan hal-hal tersebut dibutuhkan data-data tentang situasi dan kondisi masyarakat desa masing-masing. Diharapkan para peserta Bimtek nantinya bisa memahami apa-apa yang disampaikan oleh narasumber terkait metode pendataan yang harus dilakukan,” ujar Camat.

Salah seorang nara sumber  sosialiasi Bintek,Ali Hasyim,memaparkan bahwa agenda sosialisasi ini di antaranya adalah penyampaian pendataan SDGs Desa dengan 8 topologi desa dan 18 indikator SDGs Desa, dari hasil pendataan nanti diharapkan pembangunan desa mengacu hasil tersebut.

Secara teknis, untuk melakukan pendataan tersebut di masing-masing desa akan dibentuk Relawan Pendataan SDGs Desa yang tugasnya melakukan pendataan berbasis Desa, Rukun Tetangga, Kepala Keluarga dan Anggota Keluarga.

Menurut Ali Hasyim, pasca sosialisasi akan segera ditindaklanjuti agenda kegiatan di masing-masing desa. Kemudian, agenda dilanjutkan dengan Musyawarah Desa yang akan membentuk Relawan Pokja Pendataan SDGs Desa dilanjutkan dengan Bintek.(Rusli E Sitorus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.