BUPATI NIAS PIMPIN RAKOR TENTANG KRISIS LISTRIK DI KEPULAUAN NIAS

148

Nias-Detik Global News.com,Rapat koordinasi (Rakor) bersama kepala Daerah se-Kepulauan Nias dengan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH, MM di ruang oval lantai III Kantor Bupati Nias,Selasa(03/05).

Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM, sebagai Pimpinan Rapat,pada sambutannya menyampaikan bahwa pertemuan yang dilaksanakan adalah sebagai tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya pada tanggal 01 Maret 2016 bersama Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba, SH, MM di Komplek DPD RI Ruang GBHN, atas krisis kelistrikan yang melanda Kepulauan Nias.
Selanjutnya Bupati Nias menyampaikan dengan tegas kepada DPD RI dan Komisi VII DPR RI dan PLN Pusat yang mewakili serta kementerian terkait agar permasalahan kelistrikan ini dapat terselesaikan dengan cepat, dan melalui pertemuan ini seluruh Kepala Daerah se-Kepulauan Nias merekomendasikan kepada Presiden RI Bapak Jokowi dan mengundang untuk hadir sehingga merasakan serta menyaksikan langsung permasalahan kelistrikan di Kepulauan Nias.
Hasil Rapat Koordinasi tersebut seluruh Kepala Daerah se-Kepulauan Nias, Ketua Komite II DPD RI, unsur Forkompida di Kepaulauan Nias dan PIhak PLN Pusat sepakat untuk:
1.Membuat surat Bupati/Walikota se-Kepulauan Nias untuk mengundang Presiden Jokowi ke Kepulauan Nias.
2.PLN Gunungsitoli pada tanggal 12 mei 2016 pemadaman listrik tidak terjadi.
3.Sepakat untuk mengusulkan kepada Pemerintah melalui Kementerian ESDM RI untuk penambahan energy listrik di Kepulauan Nias sebesara 150 MW.
4.Sepakat agar tagihan PLN atas tunggakan masyarakat diselesaikan secara kekeluargaan.
5.Khusus Kepulauan Nias agar PLN memberikan kemudahan prosedur investasi energy listrik.
Pada acara rapat tersebut di hadiri oleh Bupati Nias Selatan, DR. Hilarius Duha, SH, MH, Wakil Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Wakil Bupati Nias Utara Haogosokhi Hulu, SE dan Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhomizaro Zebua, turut Hadir Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua, SH, MH, Kasdim 0213/Nias Mayor Keles Sinaga, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH, Ketua DPRD Kab. Nias Selatan Sidi Adil Harita, Ketua DPRD Kab. Nias Utara Foanoita Zai, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias mewakili PLN Pusat Ikhsan Asaad, Kadis ESDM Provsu Erly Salim, Sekda Kab.Nias Drs. F.Yanus larosa, M.AP dan Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli Edison Ziliwu, MM, M.Si.(OZ).