Anggaran Publikasi 3,2 Milliyar, “Media Terverifikasi Sesuai Rekomendasi BPK “

0 112

Batam, Detik Global News.com – Pemko Batam setiap tahunnya selalu menganggarkan biaya publikasi untuk media, hanya saja tahun ini terlihat berbeda di banding dengan tahun – tahun sebelumnya, dimana tahun ini media yang di terima untuk melakukan kerjasama harus terverifikasi di Dewan Pers.

Kabag humas Pemko Batam pak Yudi menjelaskan, bahwa anggaran publikasi untuk media Tahun 2018 sebesar 3, 2 millyar dan itu di bagi 12 (Dua belas) yaitu sekitar 250 juta seluruh media mau itu TV, Koran harian lokal, kemudian termasuk media online, kata Yudi, pada hari Kamis (31/06/2018)

” Kalau media online yang sudah berlangganan di Pemko Batam sekitar 30 lebih, rata – rata satu bulan Rp. 1.500.000,/media, satu bulan hampir Rp.60.000.000 dan syaratnya harus terverifikasi di Dewan Pers dan kemarin itu juga temuan BPK di propinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang tidak terverifikasi dan itu kita sudah terapkan mulai bulan Januari, ucap Yudi dengan tegas.

Yudi menambahkan, bila media yang sudah terverifikasi di Dewan Pers dan ingin melakukan kerjasama dengan Pemko Batam silahkan masukan permohonan, pintanya.

Yudi juga menjelaskan bahwa pengeluaran anggaran publikasi yang paling terbesar adalah di media harian & elektronik.

“Harian itukan oplah nya besar dan anggaran yang di terima setiap bulannya bervariasi, misalnya ingin mempublikasikan kegiatan di beberapa media, publikasi itu kan macam – macam bentuknya sesuai dengan ketentuan ” jelasnya.

Kuasa pengguna anggaran yaitu Bapak Sekda, pelaksana teknisnya yaitu kami, dan anggaran itu langsung di kelola oleh Pemko Batam sendiri terkecuali pengadaan barang dan jasa, kalau ini kan langsung ke media, termasuk media mingguan, Online, dananya di tansfer kerekening masing – masing dan tidak ada lagi pembayaran cas/tunai, hanya saja di potong 2 persen untuk pembayaran pajak, terang Yudi.

Jumlah media saat ini yang sudah melakukan kerjasama dengan Pemko Batam antara lain : media harian kalau tidak salah ada 6, Online hampir 30 lebih, TV kalau tidak salah juga 2 atau 3, Radio sekitar 4 atau lima yang terpenting media tersebut sudah terverifikasi di Dewan Pers dan itu adalah rekomendasi dari BPK, kata Yudi pada media ini.

Cara berlangganan mudah, sekali aja buat pengajuannya mau konfirmasi mau di naikan atau tidak, jadi untuk merekap itu perbulan kita sudah 30 an dikirim kemana, makanya kita rekap.

Ketika itu sudah di munculkan tinggal memberikan invoce, kalau sudah tayang tinggal di foto atau di krimsut SPJ nya dan sudah masuk kerening masing – masing, tidak ada pungutan dan itu secara utuh kita berikan, hanya pajak di potong 2 persen sesuai ketentuan.

Sebenarnya banyak yang di persiapkan humas ini seperti media cetak, electronik belum lagi desaind, foto grafer, makanya media yang sudah terverifikasi yang kita terima semua, kata Yudi.

Bagaimana Bapak Yudi mengetahui media yang berlangganan di Pemko Batam terverifikasi atau tidak di Dewan Pers, Kita cek dengan membuka websait, kita buka nama medianya, sementara ada dua terverifikasi secara Faktual dan administrasi, ungkap nya lagi.

Untuk saat ini yang hanya terverifikasi secara administrasi saja sudah kita terima, terkecuali ada peraturan dari pusat hanya menerima Faktual, kita tinggal jalankan aturan yang ada, ucap Yudi.

“ Boleh di cek semua media yang sudah berlangganan di Pemko Batam itu sudah terverifikasi semua “ Tutupnya.(RED)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.