WARGA TIBAN LAMA & PT. BMS DIBERIKAN WAKTU TANYA – JAWAB

BATAM,DETIKGLOBALNEWS.COM – Camat Sekupang Bapak Arman telah memberikan waktu dan kesempatan kepada warga Tiban Lama dengan pihak pengembang yaitu PT. BMS ,untuk melakukan tanya – jawab terkait legalitas lahan, yang dimulai dari perwakilan warga RW 07 oleh Bapak Sidabutar,

“Sidabutar mengatakan bahwa hasil rapat Tanggal 30 September Tahun 2016, warga tidak setuju karena saya ingat pada saat rapat itu pembahasan nya mengenai pemindahan Gereja GKPS dan Gereja GPPS yang akan di pindahkan ke Fasum RW 07 Tiban Lama.Saat itu kami tidak setuju sampai bapak koramil sempat naik darah militer nya dan mengatakan saya sebagai promokator menolak pembangunan Gereja, “ itu tidak benar adanya penolakan pembangunan gereja, sekalipun itu pembangunan mesjid tidak ada yang menolak, tetapi Gereja yang sudah ada jangan di pindahkan lagi.

Terkait permasalahan pengukuran tapal batas pada saat itu Bu Zurniati sebagai Camat Sekupang pada saat itu terus terang di ucapkan,

“permasalahan ini tidak bisa di selesaikan di kantor Camat ini, kita selesaikan di kantor BP Batam karena mereka yang lebih berwenang dan lebih memahami permasalahan, itu kata bu Zurniati pada saat itu.

Masalah Tiban Kampung & Tiban Ayu (PT BMS) sebenarnya tidak ada masalah, yang bermasalah itu siapa sebenarnya, saya sudah 27 Tahun tinggal di Tiban Kampung ini dan saya tidak pernah duduk di lahan Tiban Ayu.

“ Kalau kita mau lihat peta mari kita sama-sama buka peta, mana peta Tiban Lama dan mana peta Tiban Ayu, saya bukan kepentingan pribadi datang kemari, semalam kami RW 07 sudah rapat terlebih dahulu dan saya di utus warga jadi koordinator RW 07, jadi sekali lagi saya katakan kami tidak pernah menduduki lahan Tiban Ayu dan kami menolak penawaran ganti rugi yang di tawarkan Tiban Ayu, karena kami tidak ada menduduki lahan Tiban Ayu “ ungkap Bapak Sidabutar dengan tegas.

Sementara Bapak Tanjung utusan dari Pihak PT.BMS, menanggapi pengukuran ulang dan Pematokan untuk menentukan batas lahan dari Gambar PL atas nama PT.BMS yang berbatasan dengan pemukiman Tiban Kampung pada sisi A-O-N-M-L pada koordinat Gambar PL sudah di lakukan pengukuran bersama BP Batam pada Tanggal 23 Maret 2017 dan Tanggal 13 Juni Tahun 2017. (pengukuran yang dilakukan tanpa mengundang masyarakat Tiban Lama khususnya warga RW 07 dan RW 06) dan disini sudah lengkap berita acara pengukuran ulang. Ungkap AU Tanjung sambil menunjukkan berita acara yang sudah di tanda tangani Fesly Abadi Paranoan Kabid pengadaan Lahan dari BP Batam, Wesly Silalahi Kasi Perubahan Pengukuran, Rezky Heidi Saputro Staf Pengadaan Lahan, Januar Firmansyah Staf Kasi Pengukuran..

Dengan berlangsung nya tanya – jawab tersebut antara warga RW 07 – RW 06 & pihak PT.BMS, tidak menemukan titik temu, maka M.Arman Camat Sekupang mengambil kesimpulan antara lain,
– Akan diadakan pertemuan selanjutnya dengan waktu yang disesuaikan.
– Mengundang / menghadirkan tokoh yang benar benar memahami permasalahan
– Setiap pihak untuk membawa dokumen terkait
– Mengundang / menghadirkan pihak BP Batam dalam pertemuan berikutnya, dan camat berjanji akan menyurati BP Batam (bagian pengadaan lahan) (amjoi group)

Detik Video