Tenaga Pendidik Kepri Terima Tunjangan 13,14 Tidak Penuh

Tanjungpinang, Detik Global News.com – Tenaga pendidik SMA dan SMK sederajat yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Kepri mempertanyakan, kenapa tunjangan 13 dan 14 tidak penuh mereka terima seperti PNS struktural lainnya.

Seperti diungkapkan seorang guru SMA yang tidak bersedia namanya disebutkan. Tunjangan 14 dan 13 yang diterimanya hanya gaji pokok. Berbeda dengan PNS struktural di lingkup Pemprov Kepri, yang menerima gaji disertai tunjangan kinerja dan tunjangan lainnya.

Dia menilai Pemprov Kepri tidak adil. Menurutnya, tenaga pendidik SMA dan SMK mestinya dapat tunjangan layaknya PNS struktural. “Itukan sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.18 Tahun 2018 juga dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 54 Tahun 2018, “tuturnya.

Berbeda juga dengan para guru SD dan SMP di Kabupaten/Kota se Kepri. Formula pemberian tunjangan 13 dan 14 sama dengan PNS struktural di masing masing daerah.

Untuk diketahui, PP No. 18 Tahun 2018, pada penjelasan pasal 3 ayat 3 huruf a, disebutkan, yang dimaksud dengan tunjangan jabatan, meliputi tunjangan jabatan struktural, tunjangan jabatan fungsional dan tunjangan jabatan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan.

Kemudian, yang dimaksud dengan tunjangan jabatan yang dipersamakan dengan tunjangan jabatan, bagi PNS salahsatunya tunjangan bagi tenaga kependidikan.

Hal serupa juga diatur jelas pada pasal 3 ayat 4 huruf c PMK No. 54 Tahun 2018, tentang petunjuk teknis pelaksanaan PP No. 18 Tahun 2018.

Terkait hal ini Dinas Pendidikan Provinsi Kepri belum bisa dimintai keterangan. Hingga berita ini ditulis tidak satupun pejabat berkompeten di OPD tersebut yang bersedia dikonfirmasi maupun diklarifikasi. (marudut)

Detik Video