Satgas TMMD Wujudkan Impian Mak Icih Miliki Rumah Layak Huni

Spread the love

PURWAKARTA, – Berlinang air mata ungkapan haru terlihat dari wajah seorang nenek renta yang biasa disapa Mak Icih (76), ketika menyaksikan puluhan anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD ke- 106 Kodim 0619/Purwakarta bersama-sama warga memperbaiki rumahnya yang kondisinya sangat memprihatinkan.

Mak Icih tak menyangka, impiannya untuk tinggal dirumah yang layak huni akhirnya tercapai, berkat program TMMD Kodim Purwakarta. “Saya sampai tidak percaya rumah saya direhab oleh Bapak-bapak TNI,”ujarnya, Selasa (8/10/2019).

Di usianya yang makin renta, menjalani hidup hanya mengandalkan bantuan dari tetangga, sulit bagi dirinya untuk memperbaiki rumah yang sudah rapuh. “Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari saja sulit, apalagi untuk memperbaiki rumah. Namun berkat tangan Bapak-bapak TNI, Tuhan yang Maha Esa melimpahkan rezekinya, sehingga rumah saya direhab melalui program TMMD ke-106,”tuturnya.

Mak Icih pun mengenang, sudah lebih dari 35 tahun dirinya tinggal di rumah dengan ukuran 4 X 5 meter yang didirikan di atas sebidang tanah ini. “Keadaan ini terpaksa saya jalani karena memang kemampuan untuk memiliki rumah yang layak huni sulit tercapai,”ungkapnya.

Namun kini berkat program TMMD Kodim 0619/Purwakarta, dirinya pun kini bisa tertawa karena rumah yang saat ini dibedah oleh Bapak-bapak TNI sebentar lagi selesai, sehingga tidur bisa nyenyak tanpa diganggu lagi oleh kebocoran atap rumah saat turun hujan.

“Bulan Oktober ini mungkin menjadi bulan yang membahagiakan bagi saya, tak mengira dapat rezeki tak terduga dari bapak TNI yang baik hati, “urai nenek yang beralamat Desa Cisaat, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta ini.

Bagaimana tidak, impiannya memiliki kediaman yang layak untuk disinggahi akhirnya terlaksana. Hal itu terjadi sesaat setelah pemerintah daerah menggandeng unsur TNI untuk melakukan renovasi rumahnya yang hanya yang selama ini hanya berdinding bilik itu. Ya, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Bantuan dari pemerintah dan TNI ini sangat bermanfaat dan sangat membantu diri saya dalam menjalani masa tua ini. Apalagi, membangun rumah yang layak sudah menjadi sejak dulu,” kenangnya

“Alhamdulillah, terima kasih saya haturkan kepada pemerintah dan TNI. Semoga kebaikan ini dibalas oleh Allah SWT,” tutur Mak Icih sambil pegang sapu membersihkan halama rumah.

Apalagi, kata dia, bantuan tersebut tak hanya diterima dirinya saja. Warga desanya pun merasakan hal sama. Mereka tak lagi gusar, karena melalui program TMMD ini jalan desa yang diimpikan pun sedang dibenahi.

Sebelumnya, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho menjelaskan, program TMMD ke-106 ini, ada dua kegiatan yang dilakukan. Yakni, kegiatan fisik dan nonfisik. Untuk kegiatan fisik, berupa pembangunan pengecoran jalan sepanjang 650 meter yang merupakan akses penghubung desa, termasuk pelebarannya menjadi 4 meter dan membangun gorong-gorong dan Tembok Penahan Tebing (TPT).

“Untuk kegiatan non fisiknya, diantaranya rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) di lima titik, pembangunan Pos Kamling, serta penyempurnaan bangunan Masjid yang ada di desa tersebut,”tandasnya.

Untuk kegiatan pembangunan infrastruktur sendiri, sambung dia, sudah dimulai sejak 2 Oktober kemarin. Dalam kegiatan ini, pihaknya menerjunkan sedikitnya 150 personel TNI AD. Pihaknya menargetkan, pembangunan infratruktur layak bagi masyarakat ini bisa rampung selama 30 hari ke depan.

Dia menambahkan, dalam pembangunan infrastruktur ini seluruh unsur yang ada akan terlibat. Termasuk, keterlibatan dari masyarakat sekitar. Sehingga, pihaknya memastikan target tersebut akan terealisasi tepat waktu. Karena, dalam program ini intinya tak sebatas membangun infrastruktur, melainkan upaya membangun kebersamaan dan menguatkan jiwa nasionalis masyarakat melalui gotong royong.(red)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Satgas TMMD Wujudkan Impian Mak Icih Miliki Rumah Layak Huni"