Satgas Pamtas Himbau Warga Pentingnya Kesehatan

Boven Digoel, Papua,Detik Global News.com – Minimnya wawasan akan pentingnya kesehatan di wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini, seakan menjadi perhatian khusus bagi personel Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, untuk terus melakukan penyuluhan di setiap daerah yang berada di Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Seperti yang dilakukan oleh Satgas Pamtas saat ini, Jumat, 25 Mei 2018 siang. Tak hanya menyasar rumah-rumah warga saja. Namun, sosialisasi tersebut, juga menyasar salah satu sekolahan dasar yang berada di Distrik Kombut, Boven Digoel.

Tim kesehatan Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, Dr. Farman. S, menuturkan, sosialisasi itu diawali dengan pemahaman dasar mengenai kesehatan yang harus dilakukan oleh anak-anak, maupun warga yang berada di Distrik tersebut.

“Kita berikan pemahaman awal, misalkan pentingnya mencuci tangan, menggosok gigi dan lain sebagainya,” kata Farman.

Tak hanya itu, sosialisasi yang dilakukan oleh personel Satgas Raider tersebut, juga berhasil memikat antusias anak-anak SD YPPK Kombut.

Dikatakan Letda Kav Bill Klinton Manurung, antusias anak-anak itu terlihat, ketika personel Satgas mengajak anak-anak di sekolahan tersebut untuk mengikuti gerakan tata cara menggosok gigi yang dilakukan oleh salah satu Satgas.

“Mereka, terlihat semangat dan penasaran ketika mengikuti gerakan menggosok gigi yang diperagakan oleh salah satu tim kesehatan itu,” ungkapnya.

Seperti diketahui, tak hanya mengemban tugas menjaga keamanan di wilayah perbatasan saja. Namun, Satgas Pamtas Yonif Raider 500/Sikatan, juga diwajibkan untuk bisa menjadi pelopor kesehatan hingga pendidikan bagi warga yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG.(RED)

Detik Video