RATUSAN MURID SD SERBU KODIM 0802/PONOROGO UNTUK MELAKSANAKAN OUT DOOR LEARNING

Ponorogo, Detik Global News.com – Pembinaan teritorial melalui metode komunikasi sosial dan pembinaan ketahanan wilayah oleh satuan Kodim 0802/Ponorogo salah satunya diaplikasikan dengan melaksanakan pembinaan kepada siswa siswi sekolah mulai dari tingkat TK hingga perguruan tinggi secara terrencana dan terjadwal, sehingga terjadi hubungan timbal balik antara lembaga pendidikan dengan satuan. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan-kunjungan siswa siswi sekolah ke Makodim 0802/Ponorogo secara terjadwal untuk melaksanakan kegiatan out door learning yang dipandu oleh anggota Kodim 0802/Ponorogo. Seperti yang dilaksanakan hari ini, satuan Kodim 0802/Ponorogo menerima kunjungan ratusan siswa siswi SD Muhammadiyah kabupaten Ponorogo yang dipimpin oleh Anhar, S.Pd. koordinator guru kelas V sekolah ini.(2/12/18)

Ratusan siswa siswi kelas sidiq, amanah, tabligh, fatonah dan al amin yang keseluruhannya merupakan kelas V SD Muhammadiyah diterima oleh Bati Komsos Kodim 0802/Ponorogo Pelda Hermawan di pintu gerbang Makodim 0802/Ponorogo. Dibantu dengan staf Makodim 0802/Ponorogo, Bati Komsos Kodim 0802/Ponorogo memperkenalkan bagian-bagian yang ada di Makodim 0802/Ponorogo mulai dari penjagaan, bangunan ruang Komandan dan staf hingga pos Provost serta menyampaikan tata cara memasuki ksatrian Makodim 0802/Ponorogo sehingga nantinya siswa siswi SD Muhammadiyah tidak merasa canggung untuk memasuki Makodim 0802/Ponorogo.

Usai memperkenalkan lingkungan Makodim 0802/Ponorogo, ratusan siswa siswi SD ini diajak Pelda Hermawan beserta staf Makodim 0802/Ponorogo untuk memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan Kodim 0802/Ponorogo, buku-buku yang telah disiapkan oleh satuan bagi siswa siswi yang berkunjung di Makodim 0802/Ponorogo ini pun langsung diserbu ratusan siswa siswi SD Muhammadiyah yang terlihat penasaran dengan isi perpustakaan yang disediakan. Dengan serius, siswa siswi ini membaca buku-buku pelajaran sekolah, buku pengetahuan umum, buku sejarah perjuangan pahlawan bangsa hingga majalah-majalah TNI yang tersedia di perpustakaan satuan ini.

Kegembiraan ratusan siswa siswi SD Muhammadiah pun seketika pecah tatkala Pelda Hermawan mengumumkan bahwa setelah pelaksanaan membaca buku-buku di perpustakaan akan dilaksanakan kegiatan permainan outbond berupa permainan yang bersifat perlombaan antara kelas. Dilapangan Makodim 0802/Ponorogo telah disiapkan peralatan outbond antara lain holahop berrantai, bola estafet hingga permainan buldoser yang dipandu Pelda Hermawan bersama staf Makodim 0802/Ponorogo. Tampak keceriaan anak-anak usia SD ini mengikuti kegiatan outbond, yang pada akhirnya diberikan penjelasan oleh Pelda Hermawan bahwa “semua kegiatan outbond ini merupakan pembelajaran bahwa, untuk mencapai tujuan bersama maka dibutuhkan persatuan, kekompakan dan semangat kebersamaan untuk menjadi juara, untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia harus menjaga kerukunan, kebhinekaan dan toleransi bersama seluruh warga Negara Indonesia, agar Bangsa ini lebih maju saat kalian nanti menjadi pemegang estafet generasi bangsa,” pungkasnya.(MdC0802)

Detik Video