PERAYAAN PESTA BONA TAON PUNGUAN TOGA SIRAIT, BORU & IBEBERE SE-BATAM

Batam,Detik Global News.com – Perayaan Pesta Bona Taon Toga Sirait se-kota Batam yang berlangsung di gereja HKBP Naek Nauli Tanjung Piayu berlangsung hikmat yang di ikuti anggotaan punguan dari 13 wilayah/sektor  pada hari Jumat (16/02/2018).

Bapak Hikmen Sirait salah satu penasehat punguan Toga Sirait, Boru & Ibebere menyampaikan kata sambutan kepada pengurus baru dan keanggotaan, tentang manfaat betapa pentingnya punguan sesama kita perantau di kota Batam.

” Bila masih ada keluarga Toga Sirait, Boru & Ibebere yang sampai saat ini belum mendaftarkan diri keanggotaannya kepunguan agar mendatangi ketua – ketua sektor  di sesuaikan dengan tempat tinggal/domisilinya, karena kita ada 13 sektor di kota Batam ” kata Baster Sirait.

Dia menambahkan, kepada kepungurusan ” ketua umum & jajarannya ” yang saat ini baru lantik supaya membina dan menjalin komunikasi yang baik dengan ketua – ketua sektor  demi kemajuan punguan kita ini, ungkapnya.

” Ketua umum dan jajarannya serta ketua – ketua sektor harus berjiwa besar, dan mampu mengayomi seluruh anggota punguan Toga Sirait yang berada di kota Batam.Bila ada  suatu topik pembahasan yang di anggap perlu agar di bawakan dalam rapat/diskusi yang sifatnya membangun demi kemajuan  kita bersama ” tutupnya.

Perayaan pesta Toga Sirait se-kota Batam terlihat unik  dimana tor – tor di mulai dari jajaran kepungurusan ketua umum & ketua – ketua sektor.Setelah itu di lanjutkan dengan tor – tor hula – hula (marga Sirait) dimana anggota punguan Toga Sirait, Boru & Ibebere memberikan olop – olop/uang sebagai bentuk dukungan dan berpartisipasi demi kemajuan punguan di dalam melaksanakan kegiatan.

Bukan hanya itu saja, kegiatan pesta Bona Taon Toga Sirait se-kota Batam turut melakukan kegiatan luky Draw & lelang, dimana hal tersebut di lakukan untuk mencari dana untuk keperluan kegiatan punguan di dalam melaksanakan kegiatan suka maupun duka setiap tahunnya.

Lalu di lanjutkan dengan tor – tor Boru & Ibebere  dari berbagai marga      yang masih memiliki hubungan/ikatan keluarga dengan Punguan Toga Sirait.

Dalam perayaan pesta Bona Taon tersebut para marga Sirait terlihat meletakan ulos diatas bahu boru & Ibebere dengan cara bergantian yang di iringi musik,secara bersamaan para marga Sirait memberikan olop – olop/uang yang akan di gunakan dalam kegiatan sosial sesama anggota punguan nantinya.

Setelah itu dilanjutkan dengan tor – tor  naposo bulung/muda – mudi dan anak – anak anggota punguan Toga Sirait, Boru & Ibebere  berlangsung dengan hikmat hingga acara tersebut berakhir.

Hendrik selaku Panitia Pesta Bona Taon Punguan Toga Sirait, Boru & Ibebere mengucapkan terimaksih atas kedatangan dan partisipasinya, dimana pelaksanaan pesta Bona Taon hari ini yang kita laksanakan di halaman gereja HKBP Aek Nauli Tanjung Piayu  berlangsung meriah dan damai, tutupnya.(ss)

 

Detik Video