PELABUHAN DAPUR 12 DI FUNGSIKAN MASUKNYA BERBAGAI JENIS KAYU

Batam, Detik Global News.com – Hampir setiap hari terlihat kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan Dapur 12 kelurahan Sungai Pelunggut Kecamatan Sagulung, khususnya jenis kayu yang di datangkan dari pulau Selat Panjang.Anehnya setiap berlangsungnya kegiatan bongkar muat di pelabuhan tersebut, terkesan tidak adanya pengawasan dari instansi terkait.

Kabag humas Pemko Batam Yudi saat di konfirmasi media ini menjelaskan bahwa untuk pengawasan masuknya berbagai jenis kayu tersebut bukan lagi di Dinas KP2K Pemko Batam, melainkan semua wewenang sudah di bidangi oleh Propinsi Kepri, terangnya pada media ini.

Dari pantauan dan investigasi media ini di daerah kecamatan Sagulung, terlihat gudang kayu kian tumbuh subur khususnya di lokasi Dapur 12,  Batu Aji, dimana aktifitas lori pengangkut kayu lalu lalang dari pelabuhan untuk mengantarkan kayu ke gudang – gudang tertentu.

Pak Ujang salah satu pemilik gudang kayu di Dapur 12. di Kelurahan Sungai Pelunggut kecamatan Sagulung, sesuai Plang yang terpasang di depannya ” KLP.ABDUL MUNIR ” Izin Usaha Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IUPHHK) Nomor : 005/DPKP/BPMPTSP/V/2014, mengatakan bahwa izin kita semua sudah lengkap  dan setiap kayu yang di datangkan dari pulau Selat Panjang masuk ke kota Batam dan di bongkar melalui pelabuhan Dapur 12 Batu Aji laporannya kita sampaikan secara transparan kepada instansi terkait.

” Kalau tidak percaya silahkan instansi terkait melakukan pengecekan dokumen/surat serta manifes barang di setiap kapal kayu yang masuk di pelabuhan tersebut, dan saya pastikan tidak ada pelanggaran hukum yang kami lakukan tentang tatacara mendatangkan kayu ke Batam semua sudah melalui prosedur dan mekanisme yang benar ”  ucapnya melalui ponsel selulernya saat di hubungi media ini.(ts)

 

Detik Video