Pawai Bendera Tiga Matra TNI, Tiba di Surabaya

            Surabaya, Detik Global News.com – Acara dalam rangka menyambut HUT TNI ke-73 saat ini, berlangsung sangat unik, dan lebih menarik jika di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

            Bagaimana tidak, dalam rangka memperingati HUT TNI tahun ini, pihak Mabes TNI akan melakukan pengibaran bendera di Merauke, Papua. Tak hanya itu, sebelum dikibarkan di Tanah Papua, bendera itu terlebih dahulu di arak dari Sabang, hingga Merauke.

            “Bendera itu, diarak oleh tiga matra TNI (AD, AL dan AU). Termasuk diantaranya, prajurit-prajurit yang berprestasi sebagai peraih medali pada perhelatan Asian Games bulan Agustus lalu,” ungkap Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman, M. A, Minggu, 30 September 2018.

            Diungkapkan Pangdam, Flag Relay Sang Merah Putih tersebut digelar, tak hanya sebagai memperingati HUT TNI ke-73. Namun, kata Mayjen Arif, Flag Relay itu digelar, dengan tujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme dan menunjukkan jika hubungan antara TNI dan Rakyat, tidak bisa dipisahkan.

            “Karena, TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Flag Relay merah putih, memiliki arti penting bagi TNI, rakyat dan bangsa Indonesia,” jelas mantan Gubernur Akmil tahun 2016 lalu ini.

            Dirinya berharap, dengan adanya pawai bendera (Flag Relay) tersebut, dapat mengobarkan semangat patriotisme, terutama di kalangan pemuda yang merupakan simbol generasi penerus bangsa.

            “Karena, walau bagaimanapun, semangat patriotisme harus terus berkobar. Terutama, pada kalangan generasi muda untuk menghadapi masa depannya,” pinta Mayjen Arif.

            Rencananya, usai memasuki Kota Surabaya, pawai tersebut akan melanjutkan perjalanannya menuju Kota Balikpapan, Manado, Makassar, Kupang, Ambon, Sorong, dan berakhir di Merauke, Papua.(Red)

Detik Video