NASIB PEKERJA HARIAN LEPAS PATUT JADI PERHATIAN

Tidak ada komentar 312 views
Spread the love

Batam, Detik Global News.com – Penempatan tenaga kerja khususnya pekerja harian lepas sudah patut mendapat perhatian  serius dari pemerintah Pemko Batam melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Batam terkait nasib ratusan bahkan ribuan orang buruh yang di pekerjaan di beberapa perusahaan tanpa terdaftar kepesertaannya ke dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Salah seorang pekerja di PT Sindo berinisial PS  yang enggan di publikasikan namanya mengatakan, kami mulai masuk jam kerja pada pukul 8.00 Wib sampai pukul 16.00. Wib, dengan upah yang di bayarkan oleh pihak perusahaan sebesar Rp.9000/jam, dan di tambah uang incentive sebesar  Rp 15.000/perhari.

“Selama kami bekerja, pihak perusahaan tidak  pernah mendaftarkan  kepesertaan karyawan pada program BPJS Ketenagakerjaan”  tuturnya.

Dia menambahkan bahwa pada dulunya nama perusahaan  ini adalah PT Sindo yang beralamat di Kawasan Walakaka Batam Centre,  dan kalau sekarang pihak dari perusahaan tidak lagi memasang plang nama perusahaan tersebut, ujarnya.

“Jumlah karyawannya kadang 12 orang,  tergantung permintaan dari perusahaan sebagai mitra kerjanya, contohnya buruh yang di pekerjakan di PT Tekwa ada sekitar  12 orang, belum lagi di PT Sunly,  tetapi saya tidak tau berapa orang yang di pekerjakan di perusahaan tersebut karena bukan saya yang hendel saat itu”ungkapnya.

Kalau sistem pengupahannya yaitu Dua Minggu sekali, tetapi ada juga yang bulanan bahkan  sistem borongan yang bekerja selama puluhan tahun tidak pernah mendapatkan kartu BPJS Ketenagakerjaan, tutupnya.

Hingga berita ini di terbitkan dan untuk memperoleh perimbangan pemberitaan pihak perusahaan sampai saat ini belum bersedia di temui untuk di mintai keterangannya.(SS)

Tag:
author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "NASIB PEKERJA HARIAN LEPAS PATUT JADI PERHATIAN"