Kopi Babinsa, Wujud Loyalitas TNI kepada Rakyat

             Surabaya, Detik Global News.com – Kopi, merupakan salah satu minuman yang paling di gemari banyak orang. Hampir di setiap acara, maupun kegiatan, kopi selalu tak luput dari suguhan yang seakan sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia.

            Fenomenal kopi yang saat ini semakin digandrungi masyarakat Indonesia, terlebih dalam mempererat suasana keakraban, seakan menjadi inspirasi bagi salah satu Babinsa yang sehari-hari berdinas di Koramil 0810/23 Jabung.

            Banyaknya lahan kosong di daerahnya, seakan menjadi sudut pandang tersendiri bagi Sertu Heri Purnomo, untuk mengajak masyarakata di wilayah tugasnya, bersemangat kembali menanam biji kopi.

Seiring berjalannya waktu, Babinsa tersebut seakan menjadi Pioner bagi masyarakat Desa Taji, Kabupaten Malang, untuk terus bersemangat menanam kopi dengan menggunakan lahan kosong di area pedesaan tersebut.

            “Masyarakat Desa Taji, tidak paham bahwa dulunya, Desa Taji dikenal sebagai penghasil kopi berkualitas,” kata Babinsa Koramil Jabung ini. Kamis, 4 Oktober 2018.

            Berbekal wawasan dan pengalaman itu, pada tahun 2011 lalu, Sertu Heri mulai menanam biji kopi, dengan semangat ingin mengembalikan kejayaan kopi Taji.

            “Waktu itu, banyak lahan gundul yang tidak di tanami. Sangat disayangkan, kalau dibiarkan, dan tidak digunakan, bisa-bisa Desa kami mengalami longsor atau erosi,” tutur Heri Purnomo.

            Alhasil, keuletan dan ketelatenan yang dimilikinya itu, berhasil memikat warga sekitar untuk ikut serta melakukan biji kopi di Desa tersebut. Hingga pada masa puncak, tepatnya pada tahun 2014 lalu, perkembangan hasil bercocok tanam kopi itu, mulai bermunculan.

            “Saat itu, mulai berdatangan, dari Perhutani, Dinas Pertanian dan Perkebunan, hingga para kelompok tani yang ingin mengetahui bagaimana caranya bisa menghasilkan biji kopi berkualitas produksi Desa Taji,” ungkapnya.

            Alhasil, hingga detik ini, sebanyak 50 ribu pohon kopi di Desa itu, mulai tertanam di setiap pekarangan rumah warga. Tidak hanya itu, menjamurnya kopi berkualitas produksi Desa itu, tercipta suatu inspirasi untuk menciptakan kopi olahan. Kopi olahan itupun, dikemas dengan label Kopi Babinsa Lereng Bromo.

            “Desa kami juga memproduksi jamu herbal yang terbuat dari kulit kopi. The Cascara, memiliki khasiat sebagai pencahar untuk sembelit, serta pengobatan untuk batu empedu, liver serta kanker,” ujar Heri Purnomo.(Red)

 

Detik Video