Jelang Pemilu Serentak April 2019, TNI-Polri Gelar Apel Pengamanan

Spread the love

Natuna, Detikglobalnews.com – Bertempat di Pantai Kencana Ranai TNI-Polri di Kabupaten Natuna, menggelar Apel Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019. Ranai, Jumat pagi (22/03/2019), sekitar pukul 08.00 WIB.

Apel penamanan pemilu tersebut dipimpin oleh Dandim 0318 Natuna, Letkol (CZI) Ferry Kriswardana. Selain anggota TNI dan Polri, simulasi Pam Pemilu ini juga diikuti oleh komponen lainnya.

Amanat Menkopolhukam Wiranto, melalui Dandim Letkol (CZI) Ferry Kriswardana menyampaikan, Pesta demokrasi tahun 2019 merupakan tonggak sejarah, karena dilaksanakan secara serentak, yakni 5 jenis pemilihan dalam waktu bersamaan.

Pemilu kali ini akan menjadi warisan kebanggaan, sekaligus menjadi sorotan dunia internasional, terkait apakah bangsa Indonesia mampu melaksanakan konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam rangka memilih pemimpin nasionalnya.

Sukses atau tidaknya perhelatan pesta demokrasi, tergantung pada semua pihak terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung. Tidak hanya anggota partai politik yang dituntut untuk taat dan patuh terhadap aturan dan ketentuan, penyelenggara Pemilu juga wjib hukumnya obyektif dan transparan.

Penyelenggaraan Pemilu serentak tahun ini, masih terdapat ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan, dimungkinkan akan menghambat kelancaran penyelenggaraannya.

Bawaslu dan Polri telah mengeluarkan indeks kerawanan Pemilu, pemetaan terhadap kerawanan-kerawanan yang diprediksi akan timbul dalam penyelenggaraan Pemili disetiap daerah.

TNI-Polri sebagai institusi yang bertanggungjawab langsung terhadap pengamanan Pemilu serentak 2019, apabila menemukan adanya kerawanan dan hambatan tersebut harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum berlaku, sehingga tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya Pemilu serentak 2019.

Apel pengamanan Pemilu di Pantai Kencana, dihadiri Pimpinan FKPD, KPU, Bawaslu dan undangan lainnya, serta para komponen dan masyarakat yang terlibat di dalamnya.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan demo pemilihan yang diwarnai dengan adanya gangguan Pemilu, sehingga terjadi kericuhan. kericuhan yang dilakukan para pendemo karna ada sekelompok orang tak terima apa keputusan pelaksanaan pemilu tersebut.

Namun akhirnya kericuhan tersebut dapat diatasi dengan sigap oleh petugas pengamanan Pemilu, yang di lakukan dengan sigap oleh pengaman dari Polri.(red/man)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Jelang Pemilu Serentak April 2019, TNI-Polri Gelar Apel Pengamanan"