Ini Alasan Kelvin Tidak Hadir Terkait Kasus Hukum Paulus Amat Tantoso Di Persidangan PN Batam

Spread the love

BATAM,- Kasus hakum yang menjerat terdakwa Paulus Amat Tantoso kembali digelar dipersidangan Pengadilan Negeri Batam pada hari Kamis (26/09/2019) dimana Paulus Amat Tantoso hingga saat ini masih menjalani status tahanan rumah karena diduga telah melakukan penusukan pisau sangkur dibagian perut sebelah kiri korban bernama Kelvin warga negara Malaysia (WNA) beberapa waktu lalu disalah satu Restorant di Kota Batam.

Rumondang Manurung .SH  selaku Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Batam memaparkan pada persidangan bahwa kami sudah melakukan pemanggilan sebanyak 3 kali, baik melalui kedutaan di Pekanbaru maupun melalui penasehat hukumnya  dan juga melalui pihak kepolisian Polresta Barelang.

“Saksi korban tidak berkenan hadir dipersidangan karena alasan trauma, dan mengatakan telah dibuat dalam BAP dan mohon dibacakan dipersidangan, Demikian berita acara sumpah yang telah dibuatkan” kata Rumondang Manurung.SH.

Lalu Ketua Majelis Hakim Yona Lamerosa didampingi dua hakim anggota Taufik Nainggolan dan Dwi Nuramanu mengatakan, seperti itu ya…jadi yang bersangkutan sendiri menolak hadir untuk alasan demikian tetap melalui BAP, cetusnya.

Kemudian Ketua Majelis Hakim bertanya apakah ini sudah ada berkas berita sumpah, lalu Rumondang Manurung SH selaku Jaksa Penuntut Umum menjawab, sudah ada majelis hakim yang mulia.kata Rumondang Manurung.SH lagi.

Setelah itu Ketua Majelis Hakim mengatakan baik terhadap  terdakwa maupun penuntut umum sikap bagaimana?  tanya ketua majelis hakim.

Kemudian Jaksa Penuntut Umum mengatakan kita sudah berupaya mungkin untuk menghadirkan saksi korban kepersidangan sesuai ketentuan, cetusnya.

Sementara penasehat hukum terdakwa mengatakan sesuai dengan hal – hal Kuhap seseorang

(1) Apabila meninggal dunia.

(2) Karena alasan tidak bisa hadir atau karena alasan jauh/antar negara dari hal ini bukanlah alasan yang sah, keterangan trauma itu bukan menjadi suatu alasan tidak menghadiri persidangan, cetusnya.

“Keterangan Kuhap dengan keterangan resmi dengan hal – hal itu kami menilai tindakan tidak hadir adalah bentuk penghinaan, dan oleh karena itu kami mohon supaya dibacakan keterangannya karena tidak ada untungnya bagi kita di pengadilan ini yang mulia, terimakasih” kata Warodat selaku penasehat hukum terdakwa.

Lalu Ketua Majelis hakim memerintahkan supaya keberatan itu dicatatkan, sedangkan Ketua Majelis hakim berpendapat untuk dibacakan karena proses pidana cepat dan sederhana menunggu pemanggilan sementara terkait penahanan harus kita menyelesaikan dan supaya dibacakan keterangannya tersebut dan terdakwa bisa menanggapinya, cetusnya.

Warodat selaku penasehat hukum terdakwa mengatakan menurut kami dengan dibacakannya keterangan saksi korban tidak menghalangi proses persidangan ini, cetusnya lagi.

Kemudian Ketua Majelis hakim mengatakan kita sudah ambil kesimpulan bertiga agar dibacakan.Pintanya.(SS)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ini Alasan Kelvin Tidak Hadir Terkait Kasus Hukum Paulus Amat Tantoso Di Persidangan PN Batam"