DUA TAHUN LAMANYA DISDUK & CAPIL BATAM BELUM MEMBERIKAN SOLUSI

Batam, Detik Global News.com – Dinas Kependudukan & Capil Kota Batam ternyata belum memberikan solusi dimana setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan/memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai tanda pengenal atau identitas diri.

Salah seorang warga Sungai Beduk yaitu Bapak Siam merasa kecewa akibat pelayanan Disduk & Capil Kota Batam belum mampu menyelesaikan kesalahan pada foto di E-KTP, sudah berlangsung 2 (dua) Tahun lebih lamanya.

” Saya tidak tau apa yang menjadi penyebabnya, padahal pengurusan E-KTP di Batam saya menggunakan surat pindah yang di keluarkan dari kantor Dinas Kependudukan & Sipil Kalimantan” kata Siam pada media ini.

Ketika saya baru tiba di Kota Batam langsung melaporkan surat pindah di kantor Dinas Kependudukan & Capil Kota Batam sesuai dengan alamat/surat domisili RT/RW tempat tinggal , hanya dengan waktu 12 hari kemudian surat di terbitkan oleh Dinas Kependudukan & Capil Kota Batam untuk saya bawa kekantor kelurahan setelah itu mendatangi kantor camat Sungai Beduk untuk melakukan perekeman E-KTP, berselang waktu beberapa bulan salah seorang pegawai kecamatan menghubungi saya dan menyampaikan bahwa E-KTP sudah selesai dan di harap agar di ambil di kantor kecamatan, ungkapnya saat itu melalui ponsel seluler genggamnya.

Saat melakukan pengambilan E-KTP terlihat ada kesalahan yaitu bukan foto saya yang sebenarnya melainkan foto seorang wanita yang tidak saya kenal, lalu saya pun meminta untuk di perbaiki, tetapi pihak kecamatan menyarankan saya agar mendatangi kantor Disduk & Capil Kota Batam pada Tahun 2016, setelah disana berkas E-KTP & KK saya serahkan kepada petugas di kantor tersebut namun sampai saat ini belum selesai, tuturnya.

Dengan kejadian ini saya banyak di rugikan bahkan berdampak besar pada bisnis perusahaan tempat saya bekerja karena tidak bisa membuka buku rekening Bank, pengurusan Pasport sebagai alat penunjang kerja, kemungkinan juga saya akan terancam di pecat karena pihak perusahaan menganggap semua ini adalah kesalahan yang di sengaja.ungkapnya.

Saya menerima dengan lapangan dada jika nanti pihak perusahaan memberhentikan dari pekerjaan, lalu yang saya pikirkan saat ini bagaimana saya nanti nya bisa membeli tiket pesawat untuk pulang kampung ke Kalimantan sementara saya tidak memiliki KTP apakah ini di perbolehkan di Bandara ? tanya nya pada media ini.

Untuk mencaritahu kebenarannya,media ini pun mencoba berusaha menemui kepala Dinas Kependudukan & Capil Kota Batam, namun tidak pernah berhasil.(SS)

Detik Video