Desa Air Bini Layak Dijadikan Pelabuhan Bongkar Muat

Spread the love

 

KM Bukti Raya saat sandar di Pelabuhan Tarempa untuk menaikan dan menurunkan penumpang.

 

(KEPRIANAMBASDETIKGLOBALNEWS.COM – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Wan Zuhendra, mengatakan Desa Air Bini, Kecamatan Siantan Selatan, layak untuk dijadikan Pelabuhan Bongkar muat. Menyusul dari hasil prastudi yang dilakukan oleh Kementrian Perhubungan daerah tersebut memiliki potensi yang cukup baik.

“Prastudinya sudah dilaksanakan, dan pemerintah daerah terus  mendorong agar ini dapat terealisasi,”ujar Wan, Rabu (13/2).

Menurut dia, apabila pelabuhan bongkar muat dibangun di Air Bini, maka pelabuhan Tarempa akan fokus dijadikan pelabuhan penumpang. Sehingga aktifitas bongkar muat dapat fokus dan cepat dilakukan. “Setelah ada pelabuhan nanti maka bongkar muat fokus dan dapat lebih cepat, saat ini apabila ada Kapal Bukit Raya masuk terpaksa aktifitas bongkar muat akan terhenti sementara, hal ini yang diantisipasi,”tuturnya.

Wan mengungkapkan, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah memiliki pandangan yang sama menempatkan pembangunan pelabuhan didesa Air Bini.

“Saat prastudi dilakukan, memang didaerah itu cocok dibangun pelabuhan, karena memiliki teluk yang dalam sehingga ruang gerak kapal dapat dengan  mudah dilakukan,”tuturnya.

Wabup  tak menampik saat ini pelabuhan Tarempa dapat dibilang cukup padat aktivitasnya, sehingga dengan semakin berkembangnya perekonomian  membuat semakin sempit olah gerak dipelabuhan tersebut .

Ia menambahkan, kalau bicara pelabuhan di Air Bini tentu memiliki hitungan jangka  panjang, maka harus lebih besar dan jangan tanggung-tanggung, tentunya ketika didirikan harus ada space yang tidak boleh dibangun rumah.

“Ada penataan yang akan dilakukan nanti, dimana didaerah sekitar pelabuhan tidak boleh dibangun rumah yang akan mengakibatkan pengembangan pelabuhan akan terganggu,”tegasnya saat dilansir dari Haluankepri.

Ia berharap pembangunan pembangunan pelabuhan dapat terealisasi sehingga pengembangan Anambas dalam pembangunan dapat terus dirasakan oleh masyarakat. (Red)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Desa Air Bini Layak Dijadikan Pelabuhan Bongkar Muat"