Dampingi Menteri Kelautan Dan Perikanan RI Resmikan Pelabuhan SKPT Selat Lampa, Ini Harapan Bupati Natuna Hamid Rizal

Spread the love
NATUNA, – Peresmian pelabuhan Operasional SKPT Natuna, di Selat Lampa, diresmikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, sekaligus melaksanakan kunjungan kerja di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepri, pada Senin (07/10/2019).

Didampingi, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti bersama rombongan di dampingi Bupati Natuna Hamid Rizal tiba di Selat Lampa, Kecamatan Pulau Tiga disambut antusias oleh masyarakat yang setempat.
Pada kesempatan peresmian SKPT di pelabuhan Selat Lampa, Bupati Natuna, Drs. H. Abdul Hamid Rizal, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kelautan dan Perikanan RI dalam sambutannya sudah mau hadir kesekian kali di Natuna ini kesekian kalinya sekaligus meresmikan SKPT di Selat Lampa ini.

Harapan dengan peresmian SKPT ini akan dapat menambah pendapatan para nelayan dan masyarakat Natuna, dalam sambutan Hamid di depan Menteri KP RI beserta rombongan dan tamu undangan yang hadir.

Itulah yang di harapkan oleh pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, supaya nelayan di Natuna bisa sejahtera dan berkembang kehidupannya, harapnya.

“Bisa kita lihat, awalnya peningkatan perekonomian nelayan hanya 3 setengah persen, sekarang ini dengan adanya SKPT ini bisa bertambah mencapai 5,8 persen, Ini menandakan bahwa SKPT ini sudah bisa membantu masyarakat nelayan Natuna,” dengan adanya SKPT ini di Selat Lampa, masyarakat Nelayan Natuna khususnya sangat membantu sekali, kata Hamid Rizal yaitu orang nomor satu di Kabupaten Natuna.

Ucapan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat kepada Natuna dengan di bangunnya SKPT di Selat Lampa ini santunan yang diberikan kepada nelayan Natuna, Sehingga masyarakat nelayan Natuna bisa sejahtera dan bisa mencari nafkah untuk keluarganya. Ucap Hamid Rizal pada kesempatan yang sama.
Pada Kesempatan yang sama, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, menjelaskan  biaya pembangunan SKPT di Selat Lampa bersumber dari Pemerintah Pusat, memakan biaya anggaran sebesar Rp. 221,7 Milyard dari tahun 2015 sampai tahun 2019 ini Sehingga pembangunan mendekati 100% terlaksana, atau mendekati selesai dan bisa di laksanakan perempuan untuk sekarang.

Dikatakan Menteri KP RI,  Pemerintah Pusat akan mengedepankan pembangunan di pulau terdepan terutama pada pembangunan perikanan dan kelautan. Dengan pembangunan pulau terdepan ini akan menjadi titik tolak pemerintah pusat, sesuai dengan Visi dan Misi Presiden RI. Untuk itu pembangunan SKPT ini harus dijaga untuk dijadikan senteral perikanan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Natuna.

Susi Pudjiastuti berharap kedepannya peran pemerintah daerah harus lebih gencar dengan perikanan, karena akan menjadikan PAD Natuna kedepan. Salah dengan adanya sentral perikanan pemerintah bisa memungut retribusi ke pengusaha ikan.

Menurut Susi, hilangnya pencuri ikan akan berdampak positif untuk nelayan Natuna. Itu lah harapan pemerintah pusat agar nelayan yang ada di Natuna bisa bekerja sebagai nelayan semestinya, supaya nelayan di Natuna bisa hidup sejahtera, terangnya.

Kepada nelayan dan pengusaha ikan di Natuna, Susi berpesan agar tidak menjual ikan atau melakukan perdagangan ikan ditengah laut.

Dan juga selain itu, nelayan jangan juga menggunakan bom, potasium dan sejenis lainnya yang bisa merusak ekosistem tempat ikan bisa berkembang biak, untuk itu nelayan harus melakukan penangkapan ikan dengan cara dipancing atau menggunakan jaring.

Tambahnya lagi, kalau mengunakan penangkapan ikan dengan cara di Bom atau mengunakan potasium, bisa berakibat patal dan terjadi kerusakan karang kedepannya, jelas Susi.

Jika ini terjadi,  tidak menutup kemungknan pemerintah pusat menutup dan mencabut perijinan penjualan ikan. Pemerintah Pusat benar-benar akan menjaga pulau-pulau terdepan dan terluar salah satunya di Natuna.

Pada kesempatan hadir pada peremian kegiatan SKPT di Selat Lampa, Kabupaten Natuna tersebit, Sekjen KKP RI, Dirjen Perikanan Tangkap, Dijen PDS/ Plt Dirjen PSDKP,  Kepala BKIPM, Staf Khusus MKP,  Rombongan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yaitu Gubernur Kepri atau yang mewakili, dan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, Ketua DPRD Natuna, FKPD, OPD,  Pimpinan Perum Perindo, BNI, Bank Mandiri, BRI, Bank Riau Kepri, PLN, Pertamina, para tamu undangan dan tidak ketinggalan para Masyarakat Nelayan Natuna.(red/man)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Dampingi Menteri Kelautan Dan Perikanan RI Resmikan Pelabuhan SKPT Selat Lampa, Ini Harapan Bupati Natuna Hamid Rizal"