AKSI PENYELUDUPAN BARANG ILLEGAL TIDAK PERNAH ADA HENTI – HENTINYA

Batam, Detik Global News.com – Aktifitas di pelabuhan Punggur dalam Kota Batam seperti nya sangat sulit untuk di berantas, terlihat aksi penyeludupan barang illegal keluar – masuk tidak pernah ada henti – hentinya, tentu hal ini telah menunjukkan betapa lemah nya penegakan hukum di Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam.

Seperti tampak pada gambar, setiap malam atau subuh hari mobil lori pengangkut barang terlihat keluar – masuk pelabuhan Punggur dalam, tanpa adanya pemeriksaan terkait kelengkapan dokumen/manifes barang oleh instansi – instansi tertentu.

” Mana ada pejabat terkait yang berani menghentikan kegiatan ini, jika pun itu pernah terjadi tidak berlangsung lama, misalnya dengan kedatangan pejabat pusat seperti Dirjen Perhubungan laut atau Dirjen Bea & Cukai turun ke Batam ” ungkapnya pada awak media ini yang tidak bersedia menyebutkan namanya.

Dia menambahkan, kalau pengiriman barang melalui pelabuhan RORO Punggur biaya nya sangat mahal, belum lagi pengurusan dokumen di kantor Bea & Cukai Batam yang memakan waktu cukup lama, cetusnya.

“Kalau pun misalnya terjadi penangkapan di perairan laut oleh pejabat Bea & Cukai, pemilik barang ada dua pilihan, menebus barang tangkapan dengan cara membayar atau membiarkan begitu saja” tuturnya pada awak media ini.

Masih kata dia, pelabuhan seperti ini sangat sulit di tutup meski pelabuhan ini bukan resmi/salah satu yang bukan di tunjuk oleh pemerintah, karena disini banyak kepentingan oknum – oknum pejabat tertentu, ungkapnya lagi pada awak media ini.

“Coba abang hitung berapa banyak jumlah pelabuhan illegal di Kota Batam, bahkan aktivitas kegiatan berlangsung setiap malam sampai subuh hari di pelabuhan tersebut, tentu hal ini bukan rahasia umum lagi dan sudah pasti ada oknum – oknum tertentu yang bekingi hingga bisa berlangsung lama, tutupnya.(GS)

Detik Video