360 RIBU PELANGGAN PT. BRIGHT PLN BATAM “SERTIFIKATNYA” DI PERTANYAKAN

Batam, Detik Global News.com – Berdasarkan UU RI NO 30 Tahun 2009 tentang Ketengalistrikan pada pasal 44 ayat 4 : “Setiap instlasi tenaga listrik yang beroperasi wajib memiliki Sertifikat Laik Operasi “ apakah ini sudah terpenuhi pada oleh pelanggan Bright PLN Batam di seluruh Perumahan, Kavling maupun rumah liar (Ruli) di Kota Batam sesuai data 360.000 pelanggan ?

Terkait dengan srtifikat Laik Operasi (SLO) bahwa setiap calon pelanggan sebelum dilakukan penyambungan arus listrik oleh PLN Batam sesuai aturan yang berlaku harus terlebih dahulu mendapat sertifikat Laik Operasi.

“ Jumlah pelanggan Bright PLN saat ini 360 Ribu pelanggan dan itu sudah termasuk Industri dan bisnis “ terangnya pada media ini.

Ketika media ini mempertanyakan siapakah yang melakukan pengecekan instlasi listrik dan yang mengeluarkan Sertifikat ?

Bapak Bukti Panggabean menjawab lembaga independen, bukan PLN Batam, karena ada lembaga independen untuk pemberi sertipikat Laik Operasi, bukan di tunjuk oleh Bright PLN Batam dan itu sesuai dengan amanah Undang – Undang.

“Undang – undang Nomor 30 Tahun 2009, turunannya peraturan pemerintah yang menyatakan sebelum dialiri listrik oleh PLN Batam terlebih dahulu ada sertipikatnya, makanya ada Konsuil itu “ kata Bapak Bukti Panggabean.

Lalu bagaimana sistem mitra kerjasama maupun pembiayaiaan Sertifikat oleh Lembaga Independen dengan pihak Bright PLN Batam ?

“Ngak ada kerjasamanya, yang ada apabila calon pelanggan mengajukan penyambungan listrik maka syaratnya harus ada sertifikat yang di keluarkan oleh lembaga tadi dan setahu saya ada dua tapi lupa nama – namanya “ terang Bapak Bukti Panggabean.

Tentu hal ini patut di pertanyakan apakah benar Lembaga Konsuil di Kota Batam selama beroperasinya Bright PLN Batam telah menerbitkan sebanyak 360.000,- Sertifikat Laik Operasi, dan sebaliknya apakah anda sebagai pelanggan Bright PLN Batam yang tinggal di perumahan, Kavling dan di rumah liar (Ruli) telah mendapatkan sertifikat yang maksud ? (RED)

Detik Video