Polres Anambas Bentuk Satgas, 629 KK Bakal Terima Bansos

Spread the love

 

Kapolres Kepulauan Anambas mengadakan rapat pembentukan satuan tugas ban sosial (Satgas-Bansos).

(KEPRIANAMBASDETIKGLOBALNEWS.COM – Sebanyak 629 Kartu Keluarga (KK) di Kabupaten Kepuluan Anambas (KKA) bakal menerima bantuan sosial (Bansos) pada tahun 2019 ini. Agar Bansos tepat sasaran sesuai mekanisme dan peraturan yang berlaku, maka Kepolisian Resor (Polres) KKA membentuk Satuan Tugas (Satgas) Bansos.

Wakapolres Kepulauan Anambas Kompol Rafizal Amin selaku Ketua Bansos mengatakan, setiap pendistribusian penyaluran Bansos di lingkungan KKA harus tepat sasaran dan jelas peruntukannya.

“Ada 629 Kartu Keluarga untuk tahun 2019 ini yang bakal disalurkan bansos tersebut. Kita harapkan bantuan itu diberikan sesuai dengan mekanisme dan peraturan yang berlaku. Jangan sampai salah peruntukannya,” ujar Ketua Satgas Bansos kepada wartawan, Kamis (6/2).

Menurutnya, dengan adanya Satgas Bansos ini akan dapat membantu dan monitoring pelaksanaan penyaluran tepat sasaran, sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat yang masuk kategori miskin serta dapat membantu menitoring pelaksanaan penyaluran yang diperuntukan biaya sekolah bagi masyarakat kurang mampu.

“Pada intinya para pelaksana penyaluran kegiatan Bansos itu jangan sampai diselewengkan,” bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Odi Karyadi mengatakan, bahwa kedepannya pada tahun 2019 Bansos yang akan diserahkan kepenerima bantuan berupa non tunai sesuai dengan data yang akurat.

“Penerima Bansos akan diterima langsung oleh penerima masing-masing dengan melalui rekening. Ada 4 jenis macam bantuan dari Kemensos,” jelasnya.

Bantuan yang dimaksud, kata dia, adalah bansos Rastra (beras sejahtera), bantuan penyandang disabilitas berat, bantuan usaha ekonomi produktif lansia (UEP), bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). “Bantuan Rastra bagi keluarga tidak mampu tidak berbentuk beras lagi, kedepannya diserahkan langsung dari Kemensos melalui sistem. Penerima bantuan tersebut diberikan berbentuk uang non tunai yang akan diatur mekanismenya,” terang dia.

Katanya, untuk pendampingan dari Kemensos yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas baru ada lima personil. Mereka bertugas sesuai dengan perintah dari Kemensos setelah data dilakukan validasi dari Dinsos dengan terkoneksi ke Provinsi Kepri dan disampaikan ke Kemensos.

Adapun pengurus Satgas Bansos yaitu Wakapolres Kepulauan Anambas selaku Kasatgas, Kabagren selaku kepala Anev, Kasat Reskrim selaku Kasatgas Gakkum, Kasat Intelkam selaku Kasatgas Pendataan, Kasat Binmas selaku Kasatgas Sosialisasi dan Kasi Humas selaku Kasatgas Media, Dinas Sosial dan Pendamping dari Kemensos. (yud)

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Polres Anambas Bentuk Satgas, 629 KK Bakal Terima Bansos"